Follow Us:
|

Gaya Hidup

Cara-Cara Menyimpan Tomat
inilah.com - 23/03/2013 - 20:02 WIB
Tomat

Tomat

SELAIN bawang dan cabai, tomat pun kerap kali dipakai untuk memasak. Tekstur lembut tomat membuatnya mudah rusak. Nah, untuk proses penyimpanan tomat yang baik, ada baiknya perhatikan beberapa cara berikut:

Menyimpan tomat segar di kulkas
Jika Anda mempunyai tempat penyimpanan tomat bersuhu 12 derajat Celcius -21 derajat Celcius, tomat yang tua dan menjelang merah dapat disimpan dalam jumlah banyak selama 4-6 pekan. Tomat yang telah berwarna merah dapat dikeluarkan bertahap untuk dikomsumsi.

Menyimpan tomat kaleng
Tomat kalengan dapat disimpan di tempat kering bersuhu selama 6 bulan. Jika tomat kalengan dibuka dan tidak dapat dikonsumsi, sisa tomat segera dipindahkan ke dalam wadah gelas atau plastik yang bersih dan dimasukkan ke dalam kulkas. Jika tidak dipindahkan, tomat berbau kaleng. Tomat yang telah dibuka masih dapat disimpan selama satu pekan.

Membekukan tomat
Tomat dapat dibekukan dalam bentuk utuh atau telah diiris-iris di dalam kantong plastik tertutup di freezer. Jika dikeluarkan dari freezer, tomat akan menjadi seperti bubur, tapi rasanya tetap enak untuk dimasak sebagai hidangan sup atau  saus tomat.

Untuk keperluan masakan lain, tomat yang sudah dibekukan tidak dapat menggantikan tomat segar. Saus tomat dapat dibekukan sampai 2 bulan dalam wadah yang tertutup rapat di dalam freezer.

Menyimpan tomat
Tomat dapat diawetkan dengan cara mengeringkannya di bawah cahaya matahari. Cara mengeringkan tomat, adalah tomat dibelah menjadi 2 bagian, lalu dijemur di atas kawat kasa. Selama pengeringan, tomat harus dijaga dari kemungkinan terkena air. Tomat kering yang diolesi minyak zaitun rasanya lezat dan bisa disimpan dalam kulkas selama 6-9 bulan dalam wadah kering dan tertutup.

sumber | inilah.com